PT. Pelni Mendadak Batalkan Kapal, Lebaran Jadi Kacau

Saya dan keluarga tahun ini rencana mudik ke Wakatobi menggunakan Jetliner yang dioperasikan PT. Pelni. Dari Makassar ke Baubau kami gunakan KM. Tidar (2 Juli 2016). Selanjutnya tanggal 5 Juli 2016 besok akan lanjut ke Wakatobi, bersama-sama 21 anggota keluarga lain dari Baubau.

Akan tetapi, pagi ini ada telepon dari PT. Pelni bahwa kapal Jetliner Baubau-Wakatobi harus dialihkan ke tempat lain, sehingga rute Baubau – Wakatobi besok dibatalkan. Kami diminta untuk menghubungi Kantor PT. Pelni terdekat untuk refund dana. Saya dan keluarga telah membeli tiket pergi-pulang sejak dari Makassar.

Akibat pembatalan ini, saya dan keluarga terpaksa batal ke Wakatobi.

Saat ini kami tidak bisa lagi mencari alternatif transportasi lain, mengingat waktu lebaran yang tinggal sehari. Kami dan keluarga merencanakan akan merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar di Wakatobi, sehingga tidak mempersiapkan perayaan di Baubau.

Kami membeli tiket PT. Pelni  secara online, melalui agen perjalanan mitra PT. Pelni. Ada biaya tambahan Rp. 10.000,- per tiket yang tidak akan direfund.

Kekacauan manajemen jadwal kapal penumpang ini sangat mengecewakan. Ini adalah lebaran keluarga besar kami bersama-sama setelah 25 tahun. Andaikata PT. Pelni tidak menjual tiket Jetliner sejak awal, tentu kami akan gunakan transportasi lain.

Kami akan mempertanyakan hal ini kepada pihak-pihak terkait.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *